Abstract:
Keberhasilan sebuah lembaga pendidikan dalam menjalankan prosesnya dapat terlihat dari kualitas lulusannya. Untuk itu kemampuan sebuah lembaga pendidikan akuntansi dalam menjalankan proses tersebut secara optimal perlu mendapatkan perhatian yang serius. Salah satu sumber daya yang berperan dalam pengalihan kompetensi/keahlian dalam lembaga pendidikan adalah kurikulum. Kurikulum lembaga pendidikan akuntansi dewasa ini hendaknya mampu menjawab kebutuhan profesi akuntansi yang dapat bersaing dalam menjawab peluang sekaligus tantangan yang timbul dari dunia yang semakin terbuka. Terdapat 3 bidang pengetahuan utama yang dipersyaratkan bagi kurikulum pendidikan Akuntansi, yaitu: 1. accounting, finance and related knowledge; 2. organizational and business knowledge; dan 3. information technology knowledge and competences. Penelitian ini mendapati bahwa, terdapat bukti adanya kecendrungan dari penyelengara pendidikan tinggi yang menawarkan program akuntansi untuk jenjang diploma 3 mengembangkan kurikulumnya dengan mengarahkan pada salah satu bidang pengetahuan utama tersebut.