Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran, sehingga digunakanlah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini mengungkapkan profil konsepsi mahasiswa dan penguasaan mahasiswa terhadap konsep statistika serta meningkatkan aktivitas dan motivasi mahasiswa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis konstruktivisme menggunakan pendekatan Open-ended. Penelitian ini dilakukan pada program studi teknologi pengolahan hasil perkebunan jurusan Teknologi Pertanian Politeknik Negeri Pontianak. Prosedur penelitian mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan melibatkan 20 orang mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah statistika. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran dengan alat tes tertulis untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika disertai dengan lembar pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa dalam belajar dan kuesioner untuk menjaring tanggapan mahasiswa terhadap model yang diterapkan. Analisis data menggunakan uji wilcoxon untuk mengukur peningkatan hasil belajar dan efektivitas model yang diterapkan. Sedangkan aktivitas belajar dianalisis berdasarkan analisis logis dan respons siswa dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan penyajian skor rata-rata. Temuan penelitian menunjukkan bahwa profil konsepsi awal mahasiswa bervariasi dan pada umumnya konsepsi mereka masih bersifat miskonsepsi. Penguasaan mahasiswa terhadap materi tergolong sangat memuaskan. Pada tes akhir diperoleh skor rata-rata tinggi. Persentase aktivitas mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran tergolong efektif. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbasis konstruktivisme dengan pendekatan open-ended efektif meningkatkan hasil belajar mahasiswa secara signifikan.