REPOSITORY POLNEP

PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KONSTRUKTIVISME MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN-ENDED

DSpace/Manakin Repository

Show simple item record

dc.contributor.author Ichsan
dc.date.accessioned 2016-10-10T17:43:06Z
dc.date.available 2016-10-10T17:43:06Z
dc.date.issued 2016-10-11
dc.identifier.issn 1693 – 9085
dc.identifier.uri http://repository.polnep.ac.id/xmlui/handle/123456789/1242
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran, sehingga digunakanlah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini mengungkapkan profil konsepsi mahasiswa dan penguasaan mahasiswa terhadap konsep statistika serta meningkatkan aktivitas dan motivasi mahasiswa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis konstruktivisme menggunakan pendekatan Open-ended. Penelitian ini dilakukan pada program studi teknologi pengolahan hasil perkebunan jurusan Teknologi Pertanian Politeknik Negeri Pontianak. Prosedur penelitian mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan melibatkan 20 orang mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah statistika. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran dengan alat tes tertulis untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika disertai dengan lembar pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa dalam belajar dan kuesioner untuk menjaring tanggapan mahasiswa terhadap model yang diterapkan. Analisis data menggunakan uji wilcoxon untuk mengukur peningkatan hasil belajar dan efektivitas model yang diterapkan. Sedangkan aktivitas belajar dianalisis berdasarkan analisis logis dan respons siswa dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan penyajian skor rata-rata. Temuan penelitian menunjukkan bahwa profil konsepsi awal mahasiswa bervariasi dan pada umumnya konsepsi mereka masih bersifat miskonsepsi. Penguasaan mahasiswa terhadap materi tergolong sangat memuaskan. Pada tes akhir diperoleh skor rata-rata tinggi. Persentase aktivitas mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran tergolong efektif. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbasis konstruktivisme dengan pendekatan open-ended efektif meningkatkan hasil belajar mahasiswa secara signifikan. en_GB
dc.language.iso other en_GB
dc.subject pengembangan model en_GB
dc.subject problem based learning en_GB
dc.subject konstruktivisme en_GB
dc.subject open-ended problem en_GB
dc.title PENGEMBANGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS KONSTRUKTIVISME MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN-ENDED en_GB
dc.type Other en_GB


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account