Abstract:
Pengaruh prasarana terhadap efektivitas Pembelajaran praktik acuan perancah mahasiswa D3 semester III Politeknik Negeri Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Untuk menganalisis pengaruh tempat praktik terhadap efektivitas pembelajaran praktik acuan perancah; 2) Untuk menganalisis pengaruh kenyamanan lokasi praktik terhadap efektivitas pembelajaran praktik acuan perancah; 3) menganalisis pengaruh lokasi kerja praktik terhadap efektivitas pembelajaran praktik acuan perancah; 4) Untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja praktik terhadap efektivitas pembelajaran praktik acuan perancah; 5) Untuk menganalisis pengaruh cuaca saat praktik terhadap efektivitas pembelajaran praktik acuan perancah; 6) Untuk menganalisis pengaruh sirkulasi bahan dan alat kerja praktik terhadap efektivitas pembelajaran praktik acuan perancah. Apakah ada pengaruh prasarana terhadap efektivitas pembelajaran praktik acuan perancah (X, Y). Penelitian ini menggunakan metode survai. Subyek penelitian sebanyak mahasiswa/responden yang diambil dari 45% dari populasi 130 mahasiswa. Menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner angket untuk menjaring data X, Y. Instrumen kuesioner sebelum digunakan untuk mendapatkan data yang obyektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik . Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa “Terdapat pengaruh negatif dan signifikan dari kondisi cuaca dan kenyamanan lokasi tempat praktik acuan perancah sebesar 70 % penggunaan ditunjukan oleh perbandingan uji korelasi r hitung > r tabel, uji (t) t hitung > t tabel dan r11 hitung > r tabel reliabilitasnya sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para dosen serta pimpinan Politeknik Negeri Pontianak, serta civitas akademika dan semua pihak agar dapat memperhatikan prasarana pembelajaran yang ekonomis dan efisien secara efektif guna mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai atau direncanakan sebelumnya.