Abstract:
Konflik didalam sebuah organisasi dapat terjadi kapan saja dan disebabkan oleh banyak hal juga banyak pihak yang terlibat. Interaksi ini dapat terjadi baik secara vertikal maupun secara horizontal didalam struktur organisasi. Gesekan-gesekan kepentingan, pemahaman yang berbeda dalam menanggapi suatu hal, aliran komunikasi dan informasi yang kurang lancar, latar belakang budaya dan perbedaan budaya, pendidikan dan tingkat emosi yang berbeda dan lain-lain, merupakan bumerang bagi organisasi itu sendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan sampel sebanyak 26 kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana . Dari penelitian ini dapat diketahui jenis konflik, pengaruh parsial penangganan konflik terhadap kepuasan kerja, pengaruh simultan penangganan konflik terhadap kepuasan kerja pada Jurusan Administrasi Bisnis (AB). Pengukuran variabel dilakukan dengan menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Jenis konflik yang sering timbul dijurusan Administrasi Bisnis adalah konflik nilai (68%); (2) Dari hasil uji parsial (uji t) diketahui variabel berintegrasi yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja. Variabel memenuhi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja. Sedangkan variabel mendominasi, menghindar dan berkompromi berpengaruh signifikan; dan (3) Dari hasil uji simultan diketahui bahwa variabel penanganan konflik berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan kerja sebesar sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainyang tidak diteliti dalam penelitian ini.