Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyimpulkan dan menganalisis kecenderungan etnosentris dari konsumen Indonesia untuk hotel bermerek asing yang berada di Indonesia yang ditentukan dengan menerapkan Consumer Ethnocentric Tendencies Scale (CETSCALE). Penelitian ini mengkaji literatur-literatur yang berkaitan dengan konsep etnosentrisme. CETSCALE yang dikembangkan Shimp dan Sharma (1987) diadopsi untuk mengukur tinggi rendahnya etnosentrisme konsumen terhadap hotel bermerek asing. Sebelum menggunakan CETSCALE sebagai ukuran etnosentris, reliabilitas skala telah ditentukan. Informasi yang diperoleh dari sampel dianalisis dengan menggunakan SPSS 16.0. Hasil investigasi menunjukkan bahwa CETSCALE merupakan instrumen yang dapat diandalkan untuk mengukur kecenderungan etnosentrisme pada konsumen di Indonesia. Warga Negara Indonesia dari hasil analisis menunjukkan kecenderungan etnosentrisme konsumen yang tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian yang pertama kali dilakukan untuk menyelidiki tingkat kecenderungan etnosentrisme konsumen untuk hotel bermerek asing di Indonesia dan merupakan studi empiris pada pengusaha Indonesia yang tergabung dalam organisasi pengusaha Indonesia di Jawa Tengah. Penelitian ini menjadi kontribusi yang signifikan bagi perkembangan penelitian etnosentrisme konsumen.