Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran reciprocal teaching pada mata kuliah matematika. Pengembangan ini diharapkan dapat mengungkapkan penguasaan mahasiswa terhadap konsep matematika serta meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di ruang kuliah jurusan Teknologi Pertanian Politeknik Negeri Pontianak. Prosedur penelitian mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan melibatkan 20 orang mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran dengan alat tes tertulis untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika disertai dengan lembar pengamatan terhadap aktivitas mahasiswa dalam belajar dan kuesioner untuk menjaring tanggapan mahasiswa terhadap model yang diterapkan. Untuk mengukur peningkatan hasil belajar dan efektivitas model yang diterapkan digunakan uji wilcoxon. Aktivitas belajar dianalisis berdasarkan analisis logis, dan respons siswa dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan penyajian skor rata-rata. Temuan penelitian menunjukkan bahwa profil konsepsi awal mahasiswa bervariasi dan pada umumnya konsepsi mereka masih bersifat miskonsepsi. Penguasaan mahasiswa terhadap materi tergolong baik. Persentase aktivitas mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran tergolong efektif. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa penerapan model belajar reciprocal teaching dapat meningkatkan hasil belajar secara signifikan.