Abstract:
Rendahnya kualitas pemerolehan hasil belajar matematika di setiap jenjang sekolah merupakan salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan saat ini. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa penguasaan terhadap matematika sangat memprihatinkan. Untuk tingkat UAS, UASBN dan UN pemerolehan belajar matematika relatif rendah dibandingkan NEM/UAN/UN bidang lainnya. Pengembangan paket pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model Dick and Carey. Dalam uji coba lapangan diberikan pada mahasiswa semester II Jurusan Teknik Politeknik Negeri Pontianak terdiri 2 kelas, yakni: (1) kelas II A tidak mendapat perlakuan paket pembelajaran model Dick and Carey, (2) kelas II B mendapat perlakuan paket pembelajaran model Dick and Carey dengan menggunakan independent sample t test. Dari hasil pada tabel 4.15 dapat dilihat bahwa harga F = 0,366 dengan tingkat signifikasi = 0,548. Dengan demikian, Sig 0,039 < 0,05 adanya perbedaan yang signifikan terhadap pemerolehan hasil belajar matematika pada mahasiswa di jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Pontianak. Untuk pengembangan lebih lanjut terhadap buku ajar matematika, beberapa saran yang diajukan adalah Paket pembelajaran sebaiknya dibarengi dengan media lain seperti kaset, CD audio ataupun visual Apa bila mengembangkan produk plus media, disarankan untuk mengidentifikasi apakah media pendukung lainnya tersedia seperti TV, VCD player, komputer dan sebagainya. Selain itu perlu diidentifikasi apakah media pendukung dapat dimanfaatkan oleh sasaran baik di lingkungan kampus atau di rumah mahasiswa.